Gambaran Pengetahuan Ibu Hamil tentang Senam Hamil di RSIA (kode014)

ABSTRAK
Persalinan merupakan suatu proses yang fisiologis dan hampir setiap wanita akan mengalaminya. Persalinan itu sendiri biasanya berlangsung selama 24 jam dan apabila lebih dari 24 jam dapat dikatakan partus lama, yang dalam hal ini merupakan salah satu faktor yang banyak menyebabkan kematian ibu. Senam hamil juga merupakan suatu program bagi ibu hamil sehat untuk menjaga kondisi fisik ibu dengan menjaga kondisi otot-otot dan persendian serta mempercepat persalinan. Hasil penelitian pengetahuan ibu hamil tentang senam hamil untuk ibu hamil di Rumah Sakit Ibu dan Anak terletak di wilayah Didapatkan bahwa pengetahuan ibu hamil tentang senam hamil sebesar 60 % berpengetahuan cukup baik. Ibu yang memiliki pengetahuan cukup baik tentang pentingnya senam hamil lebih banyak pada usia dewasa pertengahan(20-35 tahun) yaitu sebesar 40 %. Ibu yang memiliki pengetahuan cukup baik tentang pentingnya senam hamil untuk ibu hamil lebih banyak pada responden yang berpendidikan SLTA yaitu sebesar 40 %. Ibu yang memiliki pengetahuan cukup baik tentang pentingnya senam hamil untuk ibu 30 orang (60%) dengan sumber informasi tenaga kesehatan.

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Persalinan merupakan suatu proses yang fisiologis dan hampir setiap wanita akan mengalaminya. Persalinan itu sendiri biasanya berlangsung selama 24 jam dan apabila lebih dari 24 jam dapat dikatakan partus lama, yang dalam hal ini merupakan salah satu faktor yang banyak menyebabkan kematian ibu. (Sarwono,2006). Angka kematian ibu baik di dunia maupun di Indonesia akibat komplikasi persalinan masih sangat tinggi, menurut WHO pada tahun 2000 tercatat 500.000 sampai 1.000.000 per tahun wanita meninggal dunia akibat persalinan. (www.Google.com,2008). Sedangkan di Indonesia menurut SDKI pada tahun 2007 Angka Kematian Ibu (AKI) mencapai 248/100.000 KH.(www.Bkkbn.com,2008). Sedangkan di Jawa Barat Angka kematian Ibu (AKI) tahun 2007 mencapai 300/100.000 KH dan untuk di Kabupaten Bogor itu sendiri terdapat 74 kasus kematian ibu akibat persalinan.(www.media Indonesia.com,2008). Untuk itu agar ibu dapat melewati kehamilan dan persalinan dengan dengan lancar dapat dilakukan senam hamil.
Senam hamil adalah terapi latihan gerak untuk mempersiapkan ibu hamil, secara fisik atau mental, pada saat persalinan agar dapat berlangsung dengan cepat, aman dan spontan(Sarwono, 2006).
Senam hamil juga merupakan suatu program bagi ibu hamil sehat untuk menjaga kondisi fisik ibu dengan menjaga kondisi otot-otot dan persendian serta mempeRumah Sakit Ibu dan Anak akan kondisi psikis ibu terutama menumbuhkan kepercayaan diri dalam menghadapi persalinan. Perkembangan senam hamil di negara-negara lain sudah sangat pesat, misalnya di Amerika Serikat banyak sekali wanita-wanita hamil yang sudah mengerti dan mau melakukan senam hamil, salah satu metode senam hamil yang saat ini sedang ramai diperbincangkan adalah metode Philates yang ditemukan oleh Joseph Philates.( Brock, Katie, 2007 ). Sedangkan di Indonesia senam hamil sudah ada sejak tahun 1972 dan telah disusun secara metodis dan diberikan di Rumah Sakit sebagai bagian dari prenatal care, sampai saat ini sudah banyak tempat-tempat pelayanan kesehatan yang mengadakan program senam hamil tetapi pengetahuan masyarakat tentang senam hamil itu sendiri masih sangat kurang.
Pada penelitian sebelumnya yang berjudul Pengaruh Senam Hamil pada persalinan kala I dan II, yang dilakukan di Poliklinik Kebidanan dan Penyakit Kandungan RS Sanglah Denpasar Bali pada bulan Januari 2001 sampai Juli 2004, dapat disimpulkan bahwa kejadian partus lama pada wanita hamil yang melakukan senam hamil lebih kecil dibandingkan dengan wanita hamil yang tidak melakukan senam hamil, dan pada wanita yang melakukan senam hamil proses persalinannya lebih cepat dibandingkan dengan wanita hamil yang tidak melakukan senam hamil.
Dengan hasil tersebut seharusnya masyarakat dapat lebih mengerti tentang manfaat senam hamil pada saat proses persalinan, tetapi pada kenyataanya masih dipertanyakan. Dengan melihat Gambaran di atas timbul pertanyaan apakah ibu hamil mempunyai cukup pengetahuan tentang senam hamil, oleh karena itu penulis tertarik untuk mengambil kasus dengan judul Gambaran Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Senam Hamil di Rumah Sakit Ibu dan Anak Bulan Juni .

1.2 Masalah Umum Penelitian
Dalam penelitian ini rumusan masalah di sajikan dalam bentuk pertanyaan: Bagaimana pengetahuan ibu hamil tentang senam hamil di Rumah Sakit Ibu dan Anak Bulan Juni .

1.3 Tujuan Penelitian
1.3.1 Tujuan Umum
Untuk mengetahui pengetahuan ibu hamil tentang senam hamil di Rumah Sakit Ibu dan Anak Bulan Juni .
1.3.2 Tujuan Khusus
1.3.2.1 Untuk mengetahui gambaran pengetahuan ibu hamil tentang senam hamil di Rumah Sakit Ibu dan Anak Bulan Juni .
1.3.2.2 Untuk mengetahui gambaran pengetahuan ibu hamil tentang senam hamil di Rumah Sakit Ibu dan Anak Bulan Juni berdasarkan Usia.
1.3.2.3 Untuk mengetahui gambaran pengetahuan ibu hamil tentang senam hamil di Rumah Sakit Ibu dan Anak Bulan Juni berdasarkan Pendidikan.
1.3.2.4 Untuk mengetahui gambaran pengetahuan ibu hamil tentang senam hamil di Rumah Sakit Ibu dan Anak Bulan Juni berdasarkan sumber informasi.

1.4 Manfaat Penelitian
1.4.1 Bagi Tempat Penelitian
Hasil penelitian ini diharapkan sebagai masukan agar dapat meningkatkan promosi atau penyuluhan tentang senam hamil agar masyarakat khususnya para ibu hamil untuk lebih mengenal dan mengetahui manfaat senam hamil dan mau melakukannya juga dapat dilaksanakannya senam hamil di tempat penelitian.
1.4.2 Bagi Institusi Pendidikan
Diharapkan dapat menjadi referensi yang bermanfaat dalam proses belajar mengajar
1.4.3 Bagi Peneliti Selanjutnya
Hasil penelitian ini diharapkan dapat mengembangkan suatu temuan bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan yang juga dapat digunakan untuk pelayanan di masyarakat nantinya.

silahkan downlod KTI Skripsi dengan judul