Gambaran Karakteristik Ibu Hamil dengan Preeklampsia di RSU (kode023)

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Diperkirakan di dunia setiap menit perempuan meninggal karena komplikasi yang terkait dengan kehamilan dan persalinan, dengan kata lain 1400 perempuan meninggal setiap harinya atau lebih kurang 500.000 perempuan meninggal setiap tahun karena kehamilan dan persalinan (Sarjito, 2009).
Salah satu penyebab morbiditas dan mortilitas ibu dan janin adalah preeklampsia (PE) yang menurut WHO angka kejadiannya berkisar antara 0,51%-38,4% (Amelda, 2006).
Preeklampsia merupakan kondisi khusus dalam kehamilan, ditandai dengan peningkatan tekanan darah (TD) dan proteinuria. Bisa berhubungan dengan dengan kejang (eklampsia) dan gagal organ ganda pada ibu, sementara komplikasi pada janin meliputi restriksi pertumbuhan dan abrupsio plasenta (Vickey, 2006).
Preeklampsia ataupun hipertensi yang sering terjadi pada kehamilan beresiko terhadap kematian janin dan ibu. Deteksi dini untuk hipertensi pada ibu hamil diperlukan agar tidak menimbulkan kelainan serius dan mengganggu kehidupan serta kesehatan janin di dalam rahim, kelainan hipertensi dalam kehamilan dibagi menjadi 4 kategori, yakni : Hipertensi Kronis, Preeklampsia dan Eklampsia, Preeklampsia Imposed Hipertensi Kronis dan Gestational Hypertension. Kenaikan tekanan darah (TD) secara tiba-tiba setelah kehamilan 2 minggu inilah yang disebut dengan preeklampsia. Preeklampsia terjadi kira-kira 5% dari seluruh kehamilan, dan 10% pada kehamilan pertama kali (Novia, 2009).
Di negara maju angka kejadian preeklampsia berkisar 6-7% dan eklampsia 0,1-0,7%, sedangkan angka kematian ibu ynag diakibatkan preeklampsia dan eklampsia di negara berkembang masih tinggi. Preeklampsia salah satu sindrom yang dijumpai pada ibu hamil di atas 20 minggu terdiri dari hipertensi dan proteinuria dengan atau tanpa edema (Amelda, 2009).
Kematian ibu di Indonesia merupakan peringkat tertinggi di negara ASEAN, yang mana diperkirakan sedikitnya 18.000 ibu meninggal setiap tahun, karena kehamilan atau persalinan. Hal ini berarti setiap setengah jam seorang perempuan meninggal karena kehamilan atau persalinan, yang mengakibatkan setiap tahun 36.000 balita menjadi anak yatim. Survei Kesehatan Rumah Tangga (SKRT) tahun 2001 menyebutkan angka kematian ibu di Indonesia 396 per 100.000 kelahiran hidup. Departemen Kesehatan menargetkan tahun 2010 angka kematian ibu turun menjadi 125 per 100.000 kelahiran hidup. Dari jumlah kematian ibu prevalensi paling besar adalah preeklampsia dan eklampsia sebesar 12,9% dari keseluruhan kematian ibu (Siswono, 2003).
Di Sumatera Utara dilaporkan bahwa kasus preeklampsia terdapat 30 kasus khususnya di RSUP. H. Adam Malik Medan, Medan di Tahun 2005-2006 sementara di RSU. dr. Pirngadi Medan dilaporkan angka kematian ibu penderita preeklampsia di tahun 1985-1989 adalah 3,45% dan pada tahun 1989-1999 adalah 2,1% dan di tahun 1999-1997 adalah 4,65% (Rossa, 2006).
Setelah peneliti melakukan survei di tempat penelitian yaitu RSU. didapatkan penderita eklampsia sebesar 34 orang dari tahun - .
Berdasarkan uraian di atas, penulis tertarik untuk melaksanakan penelitian dengan judul “Gambaran Karakteristik Ibu Hamil Dengan Preeklampsia di RSU. Tahun ”.

B. Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang di atas, maka yang menjadi permasalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah Gambaran Karakteristik Ibu Hamil Dengan Preeklampsia di RSU. Tahun ?”.

C. Tujuan Penelitian
C.1. Tujuan Umum
Untuk mengetahui Gambaran Karakteristik Ibu Hamil Dengan Preeklampsia di RSU. Tahun .
C.2. Tujuan Khusus
1. Untuk mengetahui karakteristik ibu hamil dengan preeklampsia di RSU Tahun berdasarkan umur.
2. Untuk mengetahui karakteristik ibu hamil dengan preeklampsia di RSU Tahun berdasarkan paritas.

D. Manfaat Penelitian
D.1. Bagi Institusi Kebidanan
Sebagai penambah informasi untuk mahasiswi jurusan kebidanan dalam melakukan penelitian kebidanan selanjutnya yang berkaitan dengan preeklampsia.
D.2. Bagi Tempat Penelitian
Sebagai sumber informasi dalam memberikan penyuluhan pada ibu hamil tentang preeklampsia.
D.3. Bagi Peneliti
Menambah wawasan dan pengalaman dalam mengaplikasikan mata kuliah metode penelitian.
D.4. Bagi Ibu Hamil
Sebagai bahan masukan untuk menambah pengetahuan ibu hamil tentang preeklampsia.

silahkan downlod KTI Skripsi dengan judul